pandangan

Video Digital – Pandangan Menuju Masa Depan

Dalam dunia kita yang semakin terhubung dengan kabel, video digital mulai terlihat di masyarakat kita. Menjadi generasi yang telah menyaksikan pertumbuhan komputer pribadi dari Commodore 64 tahun delapan puluhan menjadi mesin pembangkit tenaga listrik saat ini, menarik untuk melihat bagaimana internet, dan khususnya media online mengubah cara kita menghibur diri sendiri.

Diperkirakan hampir lima puluh persen orang di bawah usia 33 tahun menonton video online setidaknya seminggu  indofilm sekali. Banyak dari mereka beralih ke internet lebih sering dari itu untuk kebutuhan tontonan mereka. Dorongan terhadap video online ini mengubah cara orang menonton film, televisi, dan cara mereka mengikuti perkembangan peristiwa terkini. Itu juga mengubah cara perusahaan beriklan dan industri media secara keseluruhan. Diperkirakan iklan video online, pasar senilai $121 juta pada tahun 2004, dapat menjadi industri senilai $2,9 miliar pada tahun 2010.

Dengan perubahan ini muncul masalah dengan hak cipta, bandwidth, bahkan penambahan internet telah menjadi masalah bagi sebagian orang di dunia kabel saat ini. Itu semua adalah bagian dari perubahan masyarakat kita. Dengan perubahan apa pun, selalu ada masalah, tetapi melihat ke masa depan semuanya mulai menyatu.

Bagaimana masa depan video online?

Saya pikir selama beberapa dekade mendatang kita akan melihat dunia media mendorong semua media video online. Televisi kabel akan menjadi masa lalu, dan sinyal video Anda akan datang melalui koneksi internet Anda. Kemungkinan besar ke layar panel datar nirkabel Anda yang ada di dinding ruang tamu Anda. Teknologi untuk banyak hal sudah dikembangkan atau sedang dikembangkan.

Produk-produk seperti Nintendo Wii yang, selain menjadi perangkat game, memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet sudah mulai memajukan kita. Alih-alih menonton berita malam, kini Anda dapat memilih berita mana yang ingin Anda tonton di televisi menggunakan Wii dan perangkat sejenisnya. Salah satu kreasi baru Apple, Apple TV, memungkinkan pengguna mengirim film atau acara televisi yang dibeli secara nirkabel ke TV mereka dari koleksi video digital di PC mereka. Dengan teknologi seperti inilah kita mulai bergerak menuju masa depan konsumsi media.

Tahun lalu beberapa pemain besar di industri film memulai situs web persewaan/pembelian digital. Situs Movielink — usaha patungan yang mencakup beberapa nama terbesar di dunia perfilman — menawarkan kepada pengguna persewaan digital atau pembelian banyak pilihan film. Ini bukan situs pertama dari jenisnya (dan mungkin bahkan bukan yang terbaik), tetapi karena siapa pemiliknya, ini menunjukkan bagaimana industri media mulai menerima bahwa pengiriman media tradisional tidak lagi cukup.

Dengan ledakan popularitas video online yang didorong oleh situs web seperti YouTube, akan menarik untuk melihat apa yang akan datang. Dalam beberapa tahun ke depan saya pikir kita akan melihat lebih banyak perubahan daripada yang telah terjadi dengan video online sejauh ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *