Kulit

Cara Mencegah Kanker Kulit dan Melanoma Maligna

Kulit adalah lapisan terakhir dan organ terbesar dari sistem manusia kita. Kulit terdiri dari beberapa lapisan jaringan mesoderm yang melindungi otot, ligamen, tulang, dan organ internal lainnya yang berada di bawahnya. Kulit manusia adalah lapisan tipis yang bertindak sebagai agen pelindung dari infeksi dan patogen, kehilangan air yang berlebihan, dan isolasi. Ini mengatur dan mempertahankan suhu tubuh manusia tanpa fluktuasi.

Kulit membantu dalam sensasi, sintesis, penyimpanan vitamin D dan vitamin B yang membantu dalam pertumbuhan dan reproduksi sel, sekresi keringat. Untuk bernafas ia menyerap sejumlah kecil oksigen, karbon dioksida dan nitrogen. Ada berbagai jenis kulit seperti kulit berminyak, kering, normal, kombinasi theraskin.

Kulit terutama terdiri dari tiga lapisan. Yaitu epidermis, dermis dan hipodermis. Epidermis adalah lapisan luar yang terdiri dari sel basal dan sel skuamosa. Melanosit adalah sel di lapisan basal epidermis. Ini menghasilkan melanin di bawah kendali hormon perangsang melanosit. Ini memberikan pigmentasi pada kulit yang menyebabkan penyamakan kulit. Ini juga melindungi lapisan kulit yang lebih dalam dari paparan sinar UV. Dermis yang terletak di bawah epidermis terdiri dari pembuluh darah, jaringan ikat, folikel rambut dan kelenjar keringat.

Lapisan subkutan yang merupakan lapisan kulit terdalam mengandung sel-sel lemak. Pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali di setiap lapisan kulit pada akhirnya menyebabkan kanker kulit. Ada 3 bentuk umum kanker kulit dan 3 ini diklasifikasikan menurut jenis sel yang terkena. Bentuk paling umum dari kanker kulit disebut karsinoma sel basal.

Ini bukan yang serius tetapi membutuhkan perawatan. Ini cukup umum di daerah yang terkena sinar matahari. Namun ini tidak menyebar ke sel lain. Bentuk kedua adalah karsinoma sel skuamosa yang berkembang di lapisan tengah epidermis. Ini cukup berbahaya dan dapat menyebabkan kematian jika tidak dirawat dengan benar. Yang ketiga adalah melanoma ganas yang menyebar dengan cepat ke sel lain dan menyebabkan kerusakan cepat. Jenis kanker kulit ini berbahaya jika tidak terdeteksi dan diobati sejak dini. Orang-orang dengan kulit yang sehat memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker jenis ini.

Untuk mencegah kanker kulit lebih baik hindari mengekspos kulit Anda ke sinar matahari antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore ketika sinar berada pada intensitas tinggi. Dalam kondisi yang tak terhindarkan gunakan lotion tabir surya, balutan yang nyaman untuk menutupi tangan, leher, wajah dan kepala Anda.

Pembedahan adalah perawatan umum untuk mengatasi penyakit kanker kulit. Namun pengobatan tergantung pada faktor usia pasien, kesehatan secara keseluruhan dan riwayat medis. Stadium kanker juga memainkan peran penting dalam perawatan. Dibutuhkan sekitar 28 hingga 35 hari untuk proses menghasilkan kulit sehat baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.